Tunggakan Iuran BPJS Kesehatan di KCU Makassar Capai 17 M – FAJAR TV
Kareba Siang

Tunggakan Iuran BPJS Kesehatan di KCU Makassar Capai 17 M

FAJAR TV, MAKASSAR-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Makassar mencatat tunggakan iuran peserta di wilayah KCU Makassar per  Agustus 17 Miliar per 4 Agustus.

Kepala KCU BPJS Makassar Dr. Elsa Novelia mengatakan, tunggakan iuran didominasi kelompok peserta mandiri dengan jumlah peserta yang menunggak mencapai 377.538 jiwa.

Lebih lanjut dr.Elsa menjelaskan, dari survey yang dilakukan BPJS kesehatan, ada tiga alasan yang menyebabkan peserta BPJS tidak membayar iuran, tiga alasan tersebut antara lain, tidak adanya informasi untuk akses lokasi pembayaran, untuk hal ini, peserta telah dimudahkan karena pembayaran iuran bpjs kesehatan sudah bisa dilakukan di kantor pos hingga minimarket. Alasan lainnya adalah tidak mampu membayar dan ketiga tidak membayar dengan alasan belum akan digunakan.

Agar tunggakan iuran ini bisa dibayar, BPJS kesehatan kantor cabang Makassar mengirimkan SMS yang mengingatkan ke peserta bpjs yang iurannya menunggak agar segera membayar kewajiban iurannya. Hasil cukup menggembirakan, dari tunggakan 21 Miliar turun menjadi 17 Miliar per 4 Agustus. Kepesertaan JKN di wilayah Makassar meliputi wilayah Pangkep, Maros, Takalar, Gowa dan kota Makassar. (Fajar Alwi FTV)

Click to comment
To Top