Tim Independen untuk Insiden Polisi Vs Satpol PP – FAJAR TV
Ragam

Tim Independen untuk Insiden Polisi Vs Satpol PP

Tim Independen untuk

Insiden Polisi Vs Satpol PP

Nama Kota Makassar kembali tercoreng. Bukan karena aksi begal atau kejahatan jalanan yang dilakukan anak-anak jalanan, melainkan oleh beberapa oknum aparat pemerintah dari unsur kepolisian dan satuan polisi pamong praja (Satpol PP) Pemkot Makassar. Mereka bertikai hingga menewaskan salah seorang anggota kepolisian, juga jatuhnya korban luka-luka pada kedua belah pihak. Tak hanya itu, terjadi kerusakan fisik bangunan dan sejumlah kendaraan dinas maupun milik pribadi.

 

Yang patut diapresiasi adalah respon cepat dari pimpinan kedua institusi yang terlibat insiden. Walikota dan kepolisian segera bertemu dan mengimbau semua pihak agar bisa menahan diri. Bahwa insiden tersebut bukanlah pertikaian antar-institusi, melainkan oknum masing-masing. Itulah sebabnya, kasus tersebut penting diselesaikan secara hukum dengan tingkat kredibilitas tinggi.

 

Semua pihak harus bisa menahan diri, apalagi memprovokasi dan menempatkan kedua intitusi penegak hukum itu saling berhadap-hadapan, dengan memosisikan kalah-menang. Kedua institusi itu dilindungi regulasi negara. Kepolisian diatur dalam UU Nomor 2 Tahun 2002, menyebutkan bahwa tugas pokok Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah: (a) memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat; (b) menegakkan hukum; dan (c) memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Sementara Satpol PP oleh Peraturan Pemerintah RI Nomor 6 Tahun 2010, bertugas menegakkan perda dan menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat serta perlindungan masyarakat.

 

Oleh karena itu, masyarakat sangat berkepentingan pada kedua institusi tersebut. Termasuk pada hasil akhir dari proses hukumnya. Agar kepolisian sebagai institusi penegak hukum milik negara ini terbebas dari prasangka publik atas kemungkinan ketidakseimbangan alias keberpihakan terhadap oknum polisi, maka perlu dibentuk sebuah tim independen yang terdiri atas berbagai unsur, terutama dan yang pokok adalah terwakilkannya unsur kepolisian dan satpol PP di dalamnya.

 

Tim independen akan sangat membantu penyelesaian kasus ini, khususnya terkait dengan kepercayaan lebih besar dari masyarakat luas. Juga akan menghindarkan kepolisian dari prasangka berat sebelah sebagaimana yang dikhawatirkan banyak pihak. Bagi kepolisian, penanganan kasus ini tentu tidak ringan, sebab melibatkan oknum institusinya terhadap institusi negara yang lain. Karena kedua belah pihak punya versi sendiri-sendiri dan menanggap pihaknya yang benar, maka respon aktif pihak Kemendagri dan Mabes Polri untuk menyelesaikan kasus tersebut, tentu sangat membantu.

 

Kita berharap, hasil investigasi bersama dapat menemukan jalan keluar dan diterima oleh kedua belah pihak. Hasil investigasi sangat menentukan seperti apa bentuk penyelesaiannya. Demikian pula sanksinya, akan menentukan pula seberapa besar kepercayaan publik terhadap penegakan hukumnya. Banyak pelajaran berarti dari insiden ini. Bahwa sesama aparat harus saling menghormati tugas dan eksistensinya. Sebab negara menghadirkan mereka untuk memberi perlindungan kepada masyarakat, bukan malah menjadi sumber onar. Mari menahan diri! (^^)

Click to comment
To Top