Menekan Angka Buta Aksara Lewat Pelatihan Tenaga Pendidik Keaksaraan – FAJAR TV
Kareba Siang

Menekan Angka Buta Aksara Lewat Pelatihan Tenaga Pendidik Keaksaraan

FAJAR TV, MAKASSAR-Buta  aksara  kini masih menjadi masalah serius dalam dunia pendidikan di tanah air. Berdasarkan data pusat data dan statistik kemendikbud tahun 2016,  angka buta aksara di indonesia masih tergolong tinggi, yaitu mencapai 5,3 juta orang yang tersebar di enam  Provinsi dengan jumlah buta huruf tertinggi,  yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Papua, Sulawesi Selatan Dan Nusa Tenggara Barat.

Untuk mengatasi persoalan  buta aksara di Sulawesi Selatan, maka Dinas Pendidikan Sulsel melakukan berbagai upaya  diantaranya dengan kegiatan – kegiatan yang inovatif,  tidak hanya dengan mengajar membaca, menulis dan menghitung tetapi juga harus diperkuat dengan peningkatan budaya, sosial dan ekonomi. Ketiga hal tersebut dapat meningkatkan martabat dan peradaban bangsa.

Hal tersebut disampaikan Kadis Pendidikan Provinsi Sulsel, Sidik Salam pada kegiatan pelatihan tenaga pendidik keaksaraan Tingkat Provinsi yang di gelar di Hotel Alde mulai 19 hingga 21 Agustus 2016. Tingginya angka buta aksara di Sulsel dinilai oleh Sidik Salam sebagai pekerjaan rumah yang harus dituntaskan secar maksimal melalui berbagai program lanjutan dalam rangka peningkatkan kualitas belajar masyarakat membaca dan menulis.

Kepala UPTD  BPKB Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan,  Ahmad Farumbian, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kualitas bagi para tutor dari 24 Kabupaten-Kota di Sulawesi Selatan. Sementara itu  jumlah peserta yang hadir dalam pelatihan ini sebanyak 80 orang dan diharapkan dengan adanya pelatihan ini dua hingga 3 tahun kedapan buta akasara ini bisa tertangani.

Dinas Pendidikan Provinsi memberikan prioritas terhadap program pengentasan buta akasara, dalam rangka memajukan dunai pendidikan di Sulsel, sehinga ketidak tahaun akan baca tulis segara dapat diatasi sehingga tercipta masyarakat Sulsel yang pandai baca dan tulis. (Ichal Syahrir FTV)

Click to comment
To Top