Meski Honor Kecil, Tetap Bangga Melayani Tamu Allah – FAJAR TV
Kareba Malam

Meski Honor Kecil, Tetap Bangga Melayani Tamu Allah

FAJAR TV, MAKASSAR-Mengandalkan kekuatan fisik sebagai cara melayani para calon jemaah haji (CJH), para tamu Allah. Itulah sekilas potret para buruh di Asrama Haji Sudiang Makassar. Para buruh ini bertugas mengangkut barang para jemaah calon haji dari truk pengangkutan atau wisma jemaah ke tempat pemeriksaan barang, setelah di periksa, barang tersebut pun diangkut kembali ke wisma para jemaah calon haji.
Dengan peluh yang tampak bercucuran di wajah, para buruh angkut tetap melaksanakan tugas memapah koper atau barang bawaan para jemaah. Meski honornya terbilang kecil untuk ukuran kaum kaya, mereka bangga bisa melayani tamu Allah.
Para buruh haji yang rata rata merupakan warga sekitar asrama haji sudiang ini, beberapa diantaranya telah 10 tahun menjalankan profesi ini, tidak ada persyaratan khusus untuk ikut dalam profesi musiman ini namun para buruh harus memiliki fisik yang kuat untuk mengangkut ratusan barang jamaah setiap harinya di saat musim haji.
Pak Burhan Dan Maaruf, dua dari sekian banyak buruh di Asrama Haji Sudiang Makassar, mengungkapkan mereka telah 10 tahun menjalani profesi ini, mereka mengaku menikmati profesi sambilan tersebut karena pekerjaan yang di berikan tidak terlalu berat dan tidak full time.
Untuk upah buruh ini, pada tahun ini belum ada kesepakatan harga namun tahun tahun sebelumnya mereka di upah 750 ribu per musim haji. Para buruh ini pun tidak mempunyai jam kerja tetap, tergantung dari jadwal tiba dari kloter yang akan masuk asrama pada hari tersebut. Rata rata dalam sehari mereka dapat mengangkut 400 sampai 500 barang dari para jemaah calon haji. (Ippank P Putra FTV)
Click to comment
To Top