Polisi Dan Satpol PP Harus Bersinergi – FAJAR TV
Kareba Siang

Polisi Dan Satpol PP Harus Bersinergi

FAJAR TV, MAKASSAR-Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Makassar, Iman Hud menyayangkan Tugas Polisi Pamong Praja yang hingga saat ini belum cukup jelas. Selama ini, Satpol PP ditugaskan sebagai polisi penegak perda sementara pekerjaan mereka sendiri tidak ada yang mengatur semisal perda dll. Akibatnya, dalam beberapa aplikasi tugas, mereka kerap bersinggungan dengan aparat keamanan yg memiliki tupoksi dibidang tersebut.

Hal ini diutarakan Iman Hud,  dalam dialog kemitraan Sekretariat DPRD Kota Makassar dengan tema menjaga ketertiban umum yang juga dihadiri Ketua Komisi A DPRD Makassar, Abdul Wahab Tahir dan Kasat Binmas Polrestabes Makassar AKBP Djamaluddin, Kamis sore, 25 Agustus di Salah Satu Hotel di Jalan Nusantara.

Sementara itu, terkait bentrokan yang melibatkan polisi vs satpol pp beberapa waktu lalu dan Kasat Binmas Polrestabes Makassar AKBP Djamaluddin menilai itu, merupakan ulah oknum yang pada akhirnya merusak citra institusi.

Menurutnya, polisi dan satpol pp hanya dibedakan dari seragam tetapi pada prinsipnya memiliki tujuan yang sama yakni menciptakan keamanan untuk masyarakat.

Sementara itu, menyikapi tupoksi satuan polisi pamong praja yang belum jelas, ketua Ketua Komisi A DPRD Makassar, Abdul Wahab Tahir, menjelaskan jika pihaknya DI DPRD Makassar dalam menciptakan peraturan daerah sangat berhati hati. Hal itu terlihat dari banyaknya perda yang digugurkan oleh Kementrian Dalam Negeri di Seluruh Indonesia namun tak satupun berasal dari perda Kota Makassar.

Selain itu, Wahab menjelaskan pentingnya melakukan pendekatan budaya dalam menegakkan aturan di Kota Makassar karena memiliki kultur yang sedikit berbeda. Di beberapa kasus tertentu, Penerapan aturan secara hitam, putih hanya akan memperpanjang persoalan. (Taufiq FTV).

Click to comment
To Top